^Kembali ke Atas
  • 1 Partner PwC Indonesia di Studium General Akuntansi
    Studium General Akuntansi periode 17 April 2014,pemaparan dari Ketua DSAS-IAI & Partner KAP PwC (Pricewaterhouse Cooper) Indonesia, Drs.M.Jusuf Wibisana,M.Ec.,Ak.,moderator Dr.Rini,Ak.,CA
  • 2 Ketua Umum IAPI di Studium General periode September 2014
    Kuliah Ketua Umum Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Tarko Sunaryo,MBA.,CPA di Studium General Akuntansi, yang berlangsung Selasa 23 September 2014
  • 3 Simposium Nasional Akuntansi Syariah 27 Agustus 2014
    Prodi Akuntansi sukses menyelenggarakan Simposium Nasional Akuntansi Syariah tanggal 27-28 Agustus 2014 bersama beberapa perguruan tinggi co-host di Jakarta
  • 4 Pemaparan Manajer Audit PT PPI di Studium General April 2014
    Pemaparan Manajer Audit PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Budhiman,S.Pd.,MM.,PIA. di Studium General Akuntansi 17 April 2014
  • 5 Rektor membuka Seminar Nasional Akuntansi Perbankan Syariah
    Rektor UIN Jakarta Prof.Dr. Komaruddin Hidayat membuka Seminar Nasional Akuntansi Perbankan Syariah Prodi Akuntansi, 11 September 2013
baner

SOP Pengajuan NIDN Dosen

 

  1. TUJUAN

Standard Operating Procedure (SOP)ini meliputi:

a.       Memberikan acuan dalamprosedur pengajuan NIDN Dosen Program Studi.

b.      Memberikan pedoman bahwa proses pengajuan NIDN sesuai ketentuan yang berlaku.

  1. RUANG LINGKUP

Standard Operating Procedure (SOP) ini meliputi:

a.       Prosedur teknis pengajuan NIDN Dosen Program Studi.

b.      Unit/fungsi yang terlibat dalam proses pengajuan NIDN Dosen Program Studi.

a.       Tata cara dan persyaratan yang diperlukan dalam proses pengajuan NIDN Dosen Program Studi.

  1. REFERENSI

a.       Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

b.      Dirjen Dikti Tahun 2010

  1. ISTILAH DAN DEFINISI

a.       Nomer Induk Dosen Nasional (NIDN) adalah nomer yang diberikan pemerintah oleh masing-masing dosen seluruh Indonesia yang bersifat unik dan spesifik. NIDN wajib dimiliki oleh setiap pengajar.

  1. DOKUMEN YANG TERKAIT/REKAMAN MUTU/FORM

a.       Form penerimaan dokumen NIDN

b.      Imel pengajuan NIDN dari program studi kepada tim LPM

c.       Laporan pengajuan NIDN dari laman PDPT

d.      Laporan persetujuan/penolak/penangguhan pengajuan NIDN dari laman PDPT

e.       Imel laporan persetujuan/penolak/penangguhan pengajuan NIDN dari LPM ke imel prodi

  1. INSTRUKSI KERJA

Dasar hukum:

 

Kualifikasi Pelaksana:

a.   UU Sisdiknas no. 23 tahun 2003

b.   Kepmendiknas No. 184-U-2001 tentang pedoman pengawasan, pengendalian, dan pembinaan program diploma, sarjana dan pascasarjana di perguruan tinggi

c.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 84 tahun 2013 tentang Pengangkatan Dosen Tetap non-PNS pada PTN dan dosen tetap PNS pada PTS

d.   Keputusan Rektor 076 tahun 1999 tentang Beban Kerja Dosen

e.   KMA Nomor 156 tahun Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Prodi PTAI

f.    Perdirjen Pendis Nomor Dj.I.-212 tahun 2011 tentang Persyaratan dan Pembukaan Prodi Baru

Program Diploma (D I, II, dan III), Program Sarjana (S1), Program Magister (S2), dan Program Doktor (S3)

Keterkaitan:

Peralatan/Perlengkapan:

Dekan

Wakil Dekan Bidang Akademik

Ketua Program Studi

Gugus Penjaminan Mutu

Dokumen pengajuan NIDN

Peringatan:

Pencatatan dan Pendataan:

 

 

No.

Aktivitas

Pelaksana

 

 

Mutu Baku

 

Dosen

Operator

Prodi

LPM

Prodi

Persyaratan/

Perlengkapan

Waktu

Output

 

1

Menunjuk sekurang-kurangnya satu orang operator yang menerima dan memverifikasi dokumen persyaratan NIDN dari dosen

 

 

 

 

Daftar nama operator

1 hari kerja

SK Operator

 

2

Mengajukan dokumen wajib pengajuan NIDN berupa softfiles dari:

1.     KTP yang masih berlaku

2.     Ijazah S1 sampai dengan pendidikan terakhir (khusus bagi ijazah luar negeri, sertakan SK penyetaraan ijazah luar negeri)

3.     SK PNS

4.     SK Jabatan Fungsional

5.     Surat Pernyataan Dosen Tetap

6.     Surat lolos butuh atau pencabutan NIDN (jika yang bersangkutan memiliki NIDN di tempat lain)

 

 

 

 

Persyaratan NIDN

1 hari kerja

Bukti penyerahan dokumen NIDN

 

3.

 

Melakukan:

a.     verifikasi  

b.     pengecekan keaslian dokumen NIDN

c.     pengecekan nama dosen yang diajukan dalam laman PDPT (kemungkinan dosen telah memiliki NIDN di tempat lain)

 

 

 

 

Dokumen NIDN

2 (dua) hari kerja

Dokumen NIDN

 

4.

Mengajukan NIDN dosen wajib melalui imel prodi dosen bersangkutan kepada tim LPM melalui imel This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 

 

Dokumen NIDN

1 (satu) hari kerja

Imel pengajuan

 

 

5.

Memastikan dokumen dosen yang diajukan diterima dengan baik oleh tim LPM

 

 

 

 

 

1 (satu) hari kerja

Imel penerimaan

 

6.

Melakukan verifikasi ulang terhadap dokumen ajuan NIDN dosen

 

 

 

 

Dokumen NIDN

1 (satu) hari kerja

 

7.

Mengajukan NIDN dosen

 

 

 

 

 

60 (eman puluh) menit

Laporan pengajuan NIDN di laman PDPT

8.

Memantau proses pengajuan NIDN

 

 

 

 

Laporan pengajuan

Paling lambat 2 minggu

Laporan NIDN

9.

Melaporkan NIDN dosen yang telah dikeluarkan kepada operator prodi melalui imel prodi

 

   

 

Nomer IDN

 

Nomer IDN

10.

Menerima laporan NIDN dan meneruskan kepada dosen yang bersangkutan melalui imel prodi

   

 

 

Lampiran NIDN

 

Imel berisi lampiran NIDN dari laman PDPT

11.

Memastikan NIDN sudah dimiliki

 

 

 

 

 

 

 

12.

Selesai

 

 

 

 

 

 

 

                     
Copyright © 2013. Akuntansi Rights Reserved.


Website Security Test